Menu Close

Behel Gigi Untuk Anak Kecil

Apa Engkau Mencari Tahu Behel Gigi Untuk Anak Kecil? Jangan Khawatir, Behelista Akan Mengatakan Kepadamu Tentang Hal Ini Sebagai Pengetahuan Dalam Hidupmu. Simak Dengan Amati Behel Gigi Untuk Anak Kecil.


Perlukah Anak Memakai Kawat Gigi?

perlukah anak pakai kawat gigi

Kawat gigi adalah perawatan ortodontik yang membantu untuk menyelaraskan gigi yang tidak sejajar. Namun, anak-anak yang menjalani pengobatan ini merasa tidak nyaman dan kehilangan kepercayaan diri karena penampilannya. Oleh karena itu, banyak orangtua yang bingung, apakah anaknya perlu memakai kawat gigi. Artikel behelista ini membantu anda mengetahui apakah anak anda membutuhkan kawat gigi ataukah tidak.

Kawat gigi atau banyak anak muda sekarang menyebutnya behel (beugel) dalam bahasa Belanda, digunakan untuk memperbaiki gigi yang tidak sejajar dan bengkok dengan menerapkan tekanan yang terus-menerus. Seiring dengan waktu, dengan tekanan dari kawat gigi, gigi akan dapat diluruskan dan menjadi sejajar. Logam atau kawat kawat gigi menggunakan bracket logam, bahan pengikat, kawat lengkung, dan ring untuk membantu menyelaraskan gigi. Selain kawat gigi logam, kawat gigi keramik atau plastik juga dapat dipakai untuk gigi dan terhubung dengan kawat.

Pelurusan gigi menggunakan kawat gigi adalah proses yang tidak singkat dan juga mahal. Kebanyakan orangtua membayar hingga jutaan untuk satu set kawat gigi. Mengingat tingginya biaya yang terlibat, ada banyak orang tua yang tidak yakin tentang perlunya kawat gigi untuk anak mereka. Mungkin anda berpikir, hanya karena setiap anak lainnya memakai kawat gigi tidak berarti anda juga harus melakukannya untuk anak anda. Sebelum menyadari semuanya, pahamilah alasan untuk itu dan kemudian buatlah keputusan yang tepat.

Apakah anak anda memerlukan kawat gigi?

Tidak ada kapan pastinya ketika anak anda mulai memerlukan kawat gigi. Pada umumnya, dokter gigi merekomendasikan pemeriksaan pada usia 7. Sejak gigi permanen mulai bermunculan pada usia 6, dokter gigi dapat mendeteksi masalah dengan pertumbuhan rahang dan gigi. Hal ini akan membantu dokter gigi untuk memulai pengobatan aktif pada saat anak berusia 9 sampai 14 tahun. Deteksi dan pengobatan dini mencegah masalah lebih lanjut, serta menyediakan lingkungan yang lebih baik untuk gigi permanen untuk tumbuh.

Mengapa anak memerlukan kawat gigi?

Ada tanda-tanda tertentu yang akan membantu dokter gigi orthodonti dalam memutuskan apakah seorang anak memerlukan kawat gigi ataukah tidak perlu.

➡ Gigi yang berkerumun dengan parah di mana gigi berkumpul bersama-sama tanpa ruang yang memadai bagi gigi dewasa untuk tumbuh.
➡ Rahang yang tidak sejajar atau underbite mana rahang atas dan bawah nampak lebih sempit, kecil, atau mundur. Ataupun terdapat suara saat rahang bergerak.
➡ Gigi yang tidak sejajar di mana gigi tumbuh atau muncul di sudut yang tidak selayaknya dan menggantikan gigi lainnya.
➡ Overbite mana gigi atas menutupi gigi bawah.
➡ Crossbite mana gigi bawah menutupi gigi atas.
➡ Masalah pada saat mengunyah atau menggigit.
➡ Bernafas lewat mulut.

Meskipun hal ini adalah kenyataan hidup bagi banyak anak, alasan utama bagi sebagian besar anak-anak untuk memasang kawat gigi adalah kosmetik. Hal ini akan meningkatkan senyum anak, dan memberinya gigi yang indah. Namun, ada kasus di mana anak-anak memiliki gigi sangat bengkok yang dapat …

Kawat Gigi untuk Anak

kawat gigi anak

Kawat gigi untuk anak menjadi suatu pilihan untuk meluruskan gigi anak hingga menjadi sejajar. Banyak dari kita bermimpi memiliki gigi ideal dan rapi. Beberapa dari kita mungkin memiliki gigi yang menguning sedangkan ada juga yang memiliki gigi tidak rapi. Cara terbaik untuk mengatasi gigi yang tidak rapi adalah dengan mengikuti perawatan ortodontik.

Dalam perawatan ini, kawat gigi akan melekat pada gigi. Kawat gigi ini menghubungkan setiap gigi yang lain dengan bantuan kawat. Kawat ini akan diperketat sehingga memicu perpindahan gigi dan membawa gigi ke posisi yang diinginkan. Hal ini kemudian menghasilkan pengaturan yang tepat dari gigi dalam bentuk yang sempurna.

Kapan anak memerlukan kawat gigi?

Ada hal-hal tertentu yang perlu diingat saat memutuskan untuk memberikan anak perawatan kawat gigi. Pertama, tidak semua anak-anak membutuhkan perawatan ortodontik. Mungkin ada saat-saat ketika gigi anak mungkin tidak sempurna, tapi ini hanya fisiologis.

Jika anak anda sekitar usia dua belas tahun dan gigi taringnya belum keluar, maka yang terbaik adalah menunggu taringnya muncul. Hal ini karena ketika gigi taring muncul, hal ini cenderung mendorong insisivus sentral dan lateral kembali ke bentuk lengkung yang tepat. Dengan demikian, dalam kasus tersebut, gigi akhirnya akan sejajar dengan sendirinya. Namun, jika anda kebetulan melihat giginya berkerumun di lengkungan dan tetap berlanjut, maka akan ada kebutuhan bagi anak untuk mendapatkan perawatan kawat gigi.

Kawat gigi anak

1. Kawat gigi logam

Salah satu pilihan yang paling umum dari kawat gigi untuk anak-anak adalah kawat gigi logam. Ini adalah kawat gigi biasa yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang karena fakta bahwa jenis adalah varietas yang paling terjangkau dari kawat gigi. Kawat gigi ini terlihat jelas di rongga mulut. Meski begitu, anda dapat menambahkan beberapa variasi. Anda dapat meminta dokter gigi untuk memakaikan karet berwarna-warni seperti, merah, oranye, atau bahkan hijau.

2. Kawat gigi tak terlihat

Bagi anak-anak yang sadar tentang penampilan mereka, terdapat pilihan yang lebih baik. Salah satu opsi tersebut adalah dengan menggunakan kawat gigi yang terbuat dari bahan komposit dan warnanya berbaur dengan gigi, membuatnya kurang terlihat dari kawat gigi logam biasa. Pilihan lain adalah memakai kawat gigi lingual. Ini adalah varietas logam yang ditempatkan di permukaan bagian dalam gigi dan tidak akan terlihat dari luar. Ada juga kawat gigi invisalign, di mana perawatan ortodontik dilakukan dengan menggunakan pelurus plastik, yang harus dipakai untuk jangka waktu tetap tertentu.…