Menu Close

Kawat Gigi Untuk Perawatan

Apa Engkau Mencari Tahu Kawat Gigi Untuk Perawatan? Jangan Khawatir, Behelista Akan Mengatakan Kepadamu Tentang Hal Ini Sebagai Pengetahuan Dalam Hidupmu. Simak Dengan Amati Kawat Gigi Untuk Perawatan.


Seputar Perawatan Kawat Gigi

kawat gigi transparan

Kawat gigi juga disebut sebagai kawat gigi ortodontik, ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk memperbaiki ketidakteraturan gigi seperti halnya meluruskan dan meratakan gigi, menyelaraskan kedua rahang, menghilangkan tekanan pada sendi temporomandibular, dan juga meningkatkan estetika wajah.

Waktu yang tepat untuk memasang kawat gigi

Kawat gigi dapat dipasang pada usia berapa saja, meskipun idealnya prosedur ini dilakukan pada anak-anak, dan kurang umum pada orang dewasa. Alasannya adalah bahwa tulang rahang serta tulang di sekitar gigi jauh lebih lunak pada anak-anak, dan karena itu merespon lebih baik untuk proses pencetakan dari kawat gigi. Sejauh orang dewasa yang bersangkutan, operasi biasanya diperlukan untuk mengubah tulang rahang. Oleh karena itu disarankan bahwa prosedur ortodontik dilakukan sedini mungkin.

Meskipun tidak ada usia tertentu ketika kawat gigi dipasang, tetapi disarankan untuk menunggu sampai cukup dewasa. Selain menciptakan gigi yang serasi, tujuan kawat gigi sewaktu perawatan ortodontik juga digunakan untuk memperbaiki struktur wajah, yang akan dipertahankan selama sisa hidup.

Sementara itu, pada orang dewasa, perawatan ortodontik jauh lebih rumit. Orang dewasa yang memilih untuk memilih pengobatan perlu menyadari bahwa ini memerlukan mengenakan retainer di malam hari jika mereka ingin mempertahankan hasil perawatan selama sisa hidup mereka. Retainer adalah alat gigi yang menahan gigi setelah proses perawatan ortodontik.

Prosedur pemasangan kawat gigi

Kawat gigi dipasang oleh ortodontis atau dokter gigi spesialis ortodonti. Pertama kalinya akan dilakukan pemeriksaan gigi yang lengkap, termasuk rontgen, setelah itu cetakan gigi dibuat. Kadang-kadang gigi mungkin harus diekstraksi jika terdapat gigi yang berkerumun, sebelum kawat gigi dipasang. Meski begitu, saat ini yang menjadi tren adalah tidak mencabut gigi sejauh mungkin. Kawat gigi dibuat sesuai dengan cetakan gigi, dengan masing-masing bracket yang dipasang pada setiap gigi. Bracket ini dihubungkan dengan bantuan kawat kecil.

Ada sejumlah kawat gigi yang digunakan sesuai dengan berbagai kelompok usia. Misalnya, ada kawat gigi yang dimaksudkan hanya untuk bayi, yang digunakan untuk mengobati kelainan bawaan seperti bibir sumbing. Ada jenis lain yang digunakan pada gigi susu, atau ketika masih ada baik susu serta gigi permanen. Kemudian ada kawat gigi yang dimaksudkan untuk digunakan pada gigi yang telah sepenuhnya permanen. Beberapa perangkat ortopedi digunakan untuk menyetel kembali pertumbuhan tulang rahang.

Beberapa berbagai jenis kawat gigi yang tersedia adalah:

Stainless steel atau kawat gigi perak, ini merupakan kawat gigi yang paling umum, disertai dengan karet berwarna sekitar bracket. Ada juga kawat gigi yang memiliki bracket yang terbuat dari emas asli, yang dipakai oleh orang-orang yang alergi terhadap stainless steel, meskipun ini juga tergolong sebagai jenis perhiasan pada gigi. Kemudian ada kawat gigi yang memiliki bracket transparan, yang membuat kawat gigi hampir tidak terdeteksi. Beberapa orang juga memakai kawat gigi lingual yang menempel di belakang gigi, dan dengan demikian tidak terlihat.…