Menu Close

Sakit Setelah Pasang Kawat Gigi

Apa Engkau Mencari Tahu Sakit Setelah Pasang Kawat Gigi? Jangan Khawatir, Behelista Akan Mengatakan Kepadamu Tentang Hal Ini Sebagai Pengetahuan Dalam Hidupmu. Simak Dengan Amati Sakit Setelah Pasang Kawat Gigi.


Mengatasi Sakit Pertama Pasang Kawat Gigi

sakit saat pasang behel

Kawat gigi sering menyebabkan lecet dan bisul di dalam mulut, yang dapat diatasi melalui metode pencegahan tertentu. Kawat gigi juga bisa membuat gigi anda merasa sakit, karena gigi didorong dalam proses menyelaraskan gigi Anda.

Memakai kawat gigi dapat menjadi suatu pilihan atau memang kebutuhan. Apapun alasannya, faktanya tetap bahwa kawat gigi memang menyakitkan selama beberapa minggu pertama.

Meringankan sakit akibat pasang kawat gigi

  1. Ortodontis mungkin akan memberikan salep mulut yang mengandung tylenol atau ibuprofen, yang akan membantu mematikan pipi bagian dalam dan gusi selama beberapa hari pertama ketika rasa sakit terasa pada puncaknya. Anda akan memerlukan obat-obatan ini karena rasa sakit ini terasa menjengkelkan yang membuat anda mencopot kawat gigi keluar dari mulut anda.
  2. Anda juga perlu ekstra hati-hati akan kebersihan mulut setelah anda mengenakan kawat gigi. Anda dapat menggunakan sikat gigi khusus atau mungkin anda dapat menggunakan sikat gigi elektronik.
  3. Wajib untuk berkumur setiap 2-3 jam dengan air garam hangat dan biarkan air garam mencapai semua sudut dan celah dari mulut anda. Garam memiliki sifat antiseptik yang akan memastikan bahwa semua luka di mulut anda mati rasa. Garam juga bersifat antibakteri dan antijamur.
  4. Sejauh makanan yang bersangkutan, anda harus menjauh dari makanan padat dan keras, seperti apel, jambu biji, roti kering, dan daging. Sebaliknya anda perlu mengikuti diet cair, yang idealnya terdiri dari sup, bubur, gandum, susu, jus, dan nasi halus. Cobalah untuk menghindari makanan yang lengket sejauh mungkin karena makanan ini akan terjebak dalam bracket. Anda juga akan merasa sulit untuk membersihkan gigi anda, terutama ketika seluruh daerah masih terasa sakit.
  5. Satu hal yang akan anda sukai selama fase ini adalah kenyataan bahwa anda dapat memiliki semua hal yang dingin di dunia. Anda mungkin ingin menikmati es krim, es teh, dan minuman dingin lainnya.
  6. Jika rasa sakit terlalu menyiksa, cobalah meminta dokter gigi anda untuk melonggarkan kawat gigi sampai ekstraksi anda sembuh sepenuhnya.
  7. Mintalah obat penghilang rasa sakit.
  8. Pastikan anda tidak menunda prosedur untuk sesi berikutnya untuk kontrol ke dokter gigi anda.
  9. Jangan menyentuh kawat gigi dengan jari-jari anda, atau mencoba untuk menjilat kawat gigi dengan lidah anda karena dapat mengalami luka dan bisul. Selain itu juga hindarilah mengisap pipi anda ketika anda merasakan sakit karena akan menyebabkan luka di pipi bagian dalam anda.

Rawatlah selalu kawat gigi anda dalam kondisi baik, sehingga kunjungan anda ke dokter gigi hanya sesuai jadwal kontrol yang ditetapkan oleh dokter gigi. Ini akan memastikan bahwa anda tidak mengalami kerusakan pada bracket, kawat, atau karet.…