Menu Close

Bagaimana Cara Kerja Kawat Gigi?

cara kerja kawat gigi

Kawat gigi adalah peralatan gigi yang digunakan untuk menggerakkan gigi, sehingga alat ini mampu bekerja untuk mensejajarkan gigi dengan baik dalam berbagai kondisi. Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara kerja kawat gigi, artikel berikut adalah penjelasan cara kerja kawat gigi.

Kawat gigi untuk gigi adalah peralatan ortodontik digunakan untuk menyelaraskan gigi menjadi sejajar dan berbagai masalah gigi lainnya pada orang dewasa serta anak-anak. Semua orang menginginkan gigi yang rapi, serasi, dan ideal. Gigi berpengaruh terhadap cara berbicara, cara mengunyah, tersenyum, dan nilai estetika kepribadian secara keseluruhan.

Kadang-kadang, gigi yang tidak rata dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam mengunyah makanan, dan juga dapat menyebabkan rasa sakit dan luka di dalam mulut. Dalam kasus yang parah, kondisi ini dapat menyebabkan distorsi wajah, terutama rahang. Oleh karena itu, adalah perlu untuk memperbaiki masalah-masalah pada gigi sedini mungkin, dan kawat gigi mampu untuk melakukan hal itu. Proses dimana masalah gigi ini diperbaiki melalui penggunaan kawat gigi dikenal dengan nama perawatan ortodontik.

Kawat gigi dapat terbuat dari berbagai bahan seperti keramik, logam, dan plastik, dan juga dalam berbagai warna. Terdapat juga kawat gigi lepasan atau kawat gigi cekat yang menempel secara permanen pada gigi, tergantung pada intensitas masalah gigi tersebut. Saat ini, kawat gigi juga dapat melekat pada bagian dalam gigi, ini digunakan bagi mereka yang ingin menyembunyikan kawat giginya, atau mungkin dalam kasus-kasus tertentu.

Komponen dasar kawat gigi

Kawat gigi ortodontik terdiri dari empat komponen dasar yang utama.

1. Bracket

Bracket adalah komponen yang paling penting dari kawat gigi yang menempel pada gigi. Ini dapat terbuat dari logam atau keramik dan melekat pada setiap gigi sembari menerapkan kawat pada gigi.

2. Bahan pengikat

Ini adalah semacam perekat atau lem yang digunakan untuk melampirkan bracket pada gigi.

3. Kawat lengkung

Ini adalah kawat logam tipis, yang berjalan dari satu bracket ke bracket yang lain, dan memberikan tekanan pada setiap gigi.

4. Pengikat elastis

Pengikat elastis atau karet kawat gigi yang berwarna dipasangkan pada bracket. Beberapa kawat gigi yang dikenal dengan kawat gigi self ligating tidak memerlukan karet pengikat.

Dengan menyatukan semua komponen ini, kawat gigi bekerja untuk menyelaraskan gigi dan meluruskan gigi miring.

Cara kerja kawat gigi

Setelah kita mengetahui komponen dasar kawat gigi, maka akan lebih mudah untuk memahami bagaimana kawat gigi bekerja pada gigi. Dengan kata sederhana, kawat gigi bekerja dengan menerapkan tekanan terus-menerus pada gigi. Kawat gigi harus tetap menempel pada gigi selama beberapa waktu, dan selama itu, kawat gigi akan membuat gigi menjadi bergeser. Ini membuat jaringan di sekitar gigi yang membentang menjadi tersisa. Setelah gigi mulai bergerak ke tempat yang masih tersisa dan berada di tempat yang tepat, tulang gigi akan mengisi sekitarnya dalam posisi baru dan menguatkan posisi tersebut.

Prosedur penerapan kawat gigi biasanya dimulai dengan pencabutan gigi, jika spesialis ortodonti menilai bahwa rahang anda terlalu kecil untuk arah yang tepat dari gigi. Dokter gigi spesialis ortodonti kemudian mulai menerapkan tekanan pada gigi. Penggunaan kawat lengkung dibuat untuk tujuan ini. Kawat lengkung akan terpaku pada gigi menggunakan bahan pengikat.

Seiring waktu, kawat akan mencoba kembali ke bentuk aslinya, sehingga memberi tekanan pada gigi. Hal ini akan menyebabkan tulang gigi untuk memecah di satu area dan membangun kembali di daerah lain. Gigi kemudian bergeser ke posisi baru dan tulang gigi akan mengeras di sana. Setelah kawat gigi telah dipakai selama waktu yang ditentukan dan gigi dirasa telah dalam posisi yang maksimal, maka diperlukan untuk memakai retainer yang berguna untuk memastikan bahwa gigi telah diposisikan sejajar dan tidak kembali ke posisi sebelumnya.

Sekarang anda telah mengetahui bagaimana cara kerja kawat gigi. Pastikan anda mengambil perawatan ortodontik yang memadai dari kawat gigi dan mengikuti semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons