Menu Close

Cara Meluruskan Gigi Tanpa Kawat Gigi Logam

Apakah anda menemukan kawat gigi logam yang tidak nyaman untuk dipakai? Saat ini, ada berbagai cara lain cara meluruskan gigiuntuk meluruskan gigi yang tidak rata dan miring tanpa kawat gigi. Kawat gigi telah lama digunakan sebagai cara untuk meluruskan gigi yang berantakan. Isitilah ‘kawat gigi’ diartikan sebagai perangkat yang digunakan untuk meluruskan gigi yang tidak rapi.

Namun, istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada kawat gigi logam, dimana sebagian besar penggunanya ada yang merasa nyaman, dan ada juga yang merasa canggung dan menyakitkan. Tidak hanya itu, kawat gigi ini juga dapat mengiritasi mulut.

Meski begitu, saat ini terdapat banyak pilihan, sejauh kawat gigi yang bersangkutan. Anda dapat memilih kawat gigi keramik berwarna. Jika anda ingin meluruskan gigi tanpa komponen logam, tidak tertutup kemungkinan dengan inovasi terbaru dalam kedokteran gigi kosmetik.

Cara meluruskan dan merapikan gigi

1. Invisalign

Ini adalah salah satu metode yang populer dalam meluruskan gigi yang tidak sejajar, hampir mirip kawat gigi yang tidak terlibat. Selain itu juga terlihat transparan, alat pelurus plastik ini menyerupai perisai gigi transparan, dan tidak mudah terlihat. Serangkaian alat pelurus gigi ini digunakan untuk jangka waktu sekitar satu sampai dua tahun.

Alat pelurus gigi atau aligner ini harus dipakai sepanjang hari dan hanya boleh dilepas saat makan, minum, flossing, dan sewaktu menyikat gigi. Pengguna juga harus membersihkannya sebelum memakainya lagi. Sistem invisalign adalah cara yang terbaik bagi orang-orang dengan gigi yang mengalami gigi berantakan tahap ringan. Metode ini mungkin tidak berguna bagi orang-orang tertentu, bagi mereka dengan gigi yang berjejal, crossbite atau overbite. Bila dibandingkan dengan kawat gigi logam biasa, invisalign dapat terbilang mahal.

2. Porselen atau komposit veneer

Veneer tidak benar-benar dapat digunakan untuk merapikan gigi, namun dapat menutupi ketidaksempurnaan dengan cara yang mudah. Veneer seperti halnya dengan kuku palsu. Bentuknya seperti strip tipis yang diterapkan pada gigi untuk menutupi masalah ortodontik kecil dan membuat gigi terlihat lurus. Veneer terbuat dari porselen atau bahan komposit. Hal ini dapat menjadi solusi yang mudah dan cepat untuk meluruskan gigi tanpa kawat gigi.

Selain meluruskan gigi, veneer juga efektif dalam menutupi ketidaksempurnaan seperti gigi yang terkelupas, perubahan warna gigi, gigi retak dan pecah, gigi tidak rapi, dll.

Meskipun dapat meningkatkan penampilan gigi, ada kemungkinan juga untuk mengalami kerusakan saat pembubuhan. Veneer ini harus diganti dari waktu ke waktu. Veneer porselen dapat bertahan lebih lama dan lebih mahal, dibandingkan dengan bahan komposit. Dalam hal ini juga, ketidakrapian gigi yang tidak parah dapat ditutupi secara efektif.

3. Alternatif cara meluruskan gigi lainnya

Jika anda tidak merasa nyaman dengan visibilitas kawat gigi logam, anda dapat mencoba memakai kawat gigi lingual, yang melekat pada bagian dalam gigi. Anda dapat menjauh dari penampilan jelek, karena tidak ada yang dapat dengan mudah untuk melihat kawat gigi tersebut.

Jika anda ingin menghindari iritasi yang disebabkan oleh kawat gigi konvensional, anda dapat memilih seperti kawat gigi merek damon, 3m unitek, dsb yang tidak memakai unsur elastis atau logam dan lebih nyaman bagi pengguna. Anda juga dapat pergi untuk kawat gigi keramik, yang kurang terlihat dari kawat gigi logam. Dibandingkan dengan kawat gigi logam, visibilitasnya akan lebih rendah.

Perlu diingat bahwa sebagian besar pilihan untuk meluruskan gigi menggunakan alat yang berbeda, untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Tidak ada cara yang benar-benar alami untuk meluruskan gigi yang tidak rata.

Ortodontis atau dokter gigi anda akan dapat menyarankan pilihan terbaik bagi anda, tergantung pada berbagai faktor seperti tingkat kenyamanan, visibilitas bahan yang digunakan, dan tingkat keparahan. Faktor lain yang perlu dikaji adalah biaya prosedur ortodontik yang anda pilih. Akan selalu lebih baik untuk menentukan metode dalam meluruskan gigi yang tidak rapi, sesuai saran dokter gigi.

Related Posts

25 Comments

  1. paid anwar

    gigi says tidak rata. mempunyai dua gigi yg ngga rata.
    solusi cara menyabut gigi tersebut bagaimana?
    mohon di mengerti

    • Behel

      silakan konsultasi dengan dokter

    • Muhrizy bastian

      Siang bu dokter maaf bila sy menganggu keseibukan ibu sy cuma mao bertanya saya mempunyai gigi 2 bagian atas yang berlubang dan hitam…solusinya gimana dok supaya gigi saya menjadi normal seperti semula…terimakasi atas perhatian bu dokter

      • Behel

        Pada umumnya akan terdapat 2 pilihan, dilakukan perawatan atau dicabut, tergantung pada kondisi giginya.
        Jika dilakukan perawatan dapat termasuk penambalan atau jika gigi pecah bisa dilakukan crown, dll. Silakan menghubungi dokter anda.

  2. kameliyah

    says mau solusi mencaut gigi yg ngga rata.
    di mohon mengerti .kelainan gigi saya?

  3. ida

    Gigi saya miring kekenan..
    Hal ini membuat senyum saya jelek.
    Apa ada cara alami untuk mengatasinya selain pake behel

  4. badrus

    Dulu sd saya pernah memiliki gigi yang rata, saat ada kegiatan kemah pada malam hari saya berjalan tidak sengaja ada tali yang tidak terlihat saya pun tersandung dan jatuh kebawah. Pada saat dirumah ternyata gigi tengah saya maju 1 , sayainginmengembalikannya agar rata kembali bagaimana tips nya (tanpa sendok kayu / behel

    • Behel

      Jika hal tersebut sudah agak lama memang susah, ditambah lagi jika terlalu parah. Invisalign hanya berguna untuk digunakan pada kasus yang ringan.

  5. Hanum

    Dok, mau tanya, penggunaan sendok kayu untuk merapikan gigi itu baik atau tidak? Tolong dijelaskan ya, terimakasih

  6. wahyu as

    Dulu saya suka naik sepeda tiba2 sy jatuh dari sepeda yg gigi copot 2 bagian depan…
    Pas tumbuh satunya rata dan satu nya serong

    • Behel

      Coba saja dikonsultasikan dengan dokter gigi. Ada kemungkinan memerlukan perawatan kawat gigi

  7. ryan

    Gigi depan saya agak ga rapi bisa ga drapikan tanpa behel .maksih

    • Behel

      akan lebih baik untuk memakainya, namun juga perlu dilihat seperti apa dulu.

  8. imel

    Mau nanya ni buk dokter saya kan makai behel ni trus gigi saya tibatiba miring jadi ngk percaya diri kalo senyum gimana buk solusinya?

    • Behel

      resiko memakai kawat gigi terkadang membuat seseorang minder.
      yang jadi soal, bentuk miringnya seperti apa? apakah tidak berubah ke arah yang lebih baik?

  9. hana christine

    Dok, klo dibehel tapi ada gigi yg bolong gimana? Tapi jangan ditambal soalnya sakit banget klo ditambal. Bolongnya didalam gigi gak sampe keluar gigi, jadi terlihat dari luar kaya gak bolong..thanks

  10. ahmad

    Gigi depan tidak rapi .apa solusi nya yg lebih baik.sedangkan umur saya dah 40 thn.

    • Behel

      umur 40 bukanlah tergolong tua dan masih produktif
      :ketupat

  11. jihan

    Mau nanya nih dok saya punya gigi gingsul terus,saya sudah memakai behel 2 tahun, nah hari ini saya buka tapi pas diliat 3 gigi depan yang dekat gingsul itu jadi kaya kedepan, gimana ya caranya biar rapih benar?

  12. Skolastika Rosa

    Apa benar merapikan gigi bisa dengan sendok kayu? Kalau benar, butuh waktu berapa lama sampai gigi rapi? Dan apakah air yang digunakan untuk memanaskan sendok harus air untuk menanak nasi?

  13. sigit hadi

    kalo gigi tumbuh bertumpukan dengan gigi lain sekitar 1/4 bagian itu gimana ya dok menanganinya..

    • Behel

      butuh perawatan kawat gigi
      :siul

  14. bambang

    lurus lurus meratakan

  15. Lina

    Jika hanya 1 gigi yang menjorok keluar apa harus dicabut jika ingin dikawat?

  16. Dini Aprilia

    Dok saya punya gigi gingsul udah tumbuh sekitar 3 thn yang lalu. Kalau saya cabut gigi gingsul saya sekarang bahaya ga dok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons