Menu Close

Apa Deskripsi dan Tugas Ortodontis?

ahli ortodontik

Jika anda tertarik dalam dunia kedokteran gigi, anda dapat mempertimbangkan untuk menjadi seorang ahli ortodontik. Dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan akan dokter gigi telah meningkat secara signifikan. Ini juga merupakan pilihan karir bagi mereka yang tertarik di dalamnya.

Di antara berbagai cabang pada bidang kedokteran gigi, pekerjaan ortodontik adalah sebuah profesi di mana ortodontis mengkhususkan diri untuk mengobati gangguan yang berhubungan dengan bentuk dan keselarasan gigi. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan tajam dengan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan gigi, dan kemajuan medis dalam kedokteran gigi telah membuka lebar peluang karir di bidang ini. Pekerjaan seorang ortodontis memerlukan berbagai tanggung jawab atas pekerjaan.

Deskripsi pekerjaan ortodontis

Ortodontis mengkhususkan diri di bidang pengobatan maloklusi yang lebih dikenal dengan gigitan yang tidak benar. Gangguan ini mengakibatkan karena ketidakteraturan gigi dan rasio yang tidak tepat dari rahang. Ortodontis juga meningkatkan penampilan dari wajah pasien akibat kasus kelainan gigi dan ketidaksejajaran. Ortodontis juga mempelajari sinar-X, foto gigi depan, dan lateral dari gigi pasien. Mengarahkan pasien tentang metode pembersihan gigi dan langkah-langkah lain untuk memastikan umur panjang dan kesehatan gigi adalah aspek penting lain dari profesi seorang ortodontis.

Kualifikasi pendidikan dan keterampilan

Kualifikasi pendidikan dan lisensi sangatlah penting untuk praktek sebagai seorang ortodontis profesional. Semua ortodontis diminta untuk menyelesaikan 3 tahun pendidikan sarjana dan telah menyelesaikan 4 tahun kuliah gigi, bersama dengan 2-3 tahun pelatihan ortodontik di klinik gigi untuk mendapatkan lisensi dari badan yang berwenang.

Tugas ortodontis

Tanggung jawab dan tugas ortodontik dapat mencakup beberapa atau semua kegiatan kerja berikut lebih lanjut:

  1. Melakukan penetapan peralatan gigi untuk mulut dan menyelaraskan dengan benar, sehubungan dengan gigi, rahang, dan mulut.
  2. Mempelajari dan menafsirkan catatan medis dari prosedur perawatan pasien sehubungan dengan gigi, plester molar, implan gigi, dan muka pasien untuk perawatan gigi.
  3. Mendiagnosis gigi dan rahang terkait komplikasi gigi.
  4. Membantu pasien dalam merawat gigi dengan tepat.
  5. Membantu pasien menyesuaikan diri dengan peralatan gigi dalam kasus ketidaksejajaran gigi.
  6. memandu, mengajar, dan mengawasi stafnya selama proses perawatan ortodontik.
  7. Mengelola peralatan fabrikasi seperti kawat lingual, kawat gigi ortodontik, dan peralatan ortodontik lainnya.

Pada tahun-tahun pertama, potensi ortodontis mempunyai penghasilan relatif lebih tinggi daripada gaji untuk pekerjaan di bidang lain. Jalur pengembangan karir bagi ortodontis adalah cerah dan setelah bekerja selama bertahun-tahun dengan pengalaman yang cukup, seorang ortodontis dapat membangun klinik sendiri. Kemahiran tangan dan mata adalah beberapa ciri-ciri yang paling penting dari ortodontik yang sukses.

Mahasiswa kedokteran yang bercita-cita dan ingin berkarir di bidang ortodontik dapat mempertimbangkan hal ini sebagai pilihan yang sangat baik untuk mengejar karir. Deskripsi pekerjaan ortodontik dan berbagai aspek yang disebutkan di sini adalah fakta bahwa keputusan untuk memilih karier harus diambil setelah menilai bakat seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons