Menu Close

Makanan Wajib Dihindari Saat Memakai Kawat Gigi

Makanan Wajib Dihindari Saat Memakai Kawat Gigi

Jika anda memakai kawat gigi, makan makanan tertentu dapat merusak kawat gigi. Anda perlu memodifikasi menu makan jika ingin merawat kawat gigi. Berikut ini adalah daftar makanan yang anda harus hindari saat memakai kawat gigi.

Kawat gigi digunakan untuk meluruskan gigi dan memperbaiki gigi yang tidak sejajar, cacat gigi, dan rahang lainnya. Oleh karena itu penting untuk merawat kawat gigi dan menjaga kebersihan demi kesehatan gigi yang baik. Jika makanan berada di sekitar kawat gigi, maka dapat menyebabkan pembentukan plak dan kerusakan gigi. Jika hal itu terjadi, maka anda  harus mengunjungi dokter gigi dengan biaya yang mahal dan bahkan dapat menunda suksesnya perawatan ortodontis. Berikut adalah daftar makanan yang paling jelas dan harus dihindari jika anda mengenakan kawat gigi.

Makanan yang harus dihindari saat pasang kawat gigi

Apa yang anda makan akan mempengaruhi kondisi gigi anda. Makanan yang disebutkan di bawah ini harus benar-benar dihindari ketika mengenakan kawat gigi.

Makanan yang keras

Terkadang, sulit untuk berhenti dan mengunyah makanan tertentu. Makan makanan ini dapat berbahaya karena dapat menekan atau menghancurkan kawat, dan bahkan memberikan tekanan pada bracket.

  • Kacang-kacangan
  • Sayuran seperti wortel
  • Jagung rebus
  • Kue kering
  • Ayam bertulang
  • Dendeng
  • Keripik

*Solusi

  1. Buah-buahan merupakan bagian penting dari pola makan yang seimbang, jadi jika anda ingin memakan buah seperti apel, pir, dan buah persik, atau buah-buahan lainnya, jangan langsung menggigitnya. Sebaliknya, potong menjadi potongan-potongan kecil sebelum dikonsumsi.
  2. Jika anda menyukai kacang-kacangan, haluskan dan menambahkannya ke dalam sereal.
  3. Hilangkan daging ayam dari tulang sehingga anda tidak sengaja mengunyah tulang yang dapat merusak bracket anda.
  4. Jika anda benar-benar menyukai jagung, lepaskan biji jagung rebus dari batangnya sebelum dimakan.
  5. Anda dapat memakan brokoli dan sayuran lainnya yang sebelumnya dipotong menjadi bagian-bagian kecil.
  6. Jangan makan permen yang keras.
  7. Jika anda ingin memakan kue kering atau crackers, celupkan ke dalam minuman hangat dan memakannya ketika telah melunak.
  8. Jangan pernah menggigit es batu karena dapat merusak kawat gigi. Anda hanya dapat mengisapnya saja tetapi jangan pernah menggigitnya.

Makanan manis

Makanan yang manis merupakan makanan yang lengket dan yang paling berbahaya. Sisa makanan ini dapat terjebak pada sela-sela gigi dan kawat gigi, dan bahkan dapat mengakibatkan kawat gigi terlepas. Makanan manis yang tinggi gula, hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi.

  • Permen karamel
  • Madu
  • Roti berlapis cokelat
  • Kismis
  • Bolu gulung
  • Permen karet

*Solusi
Jika anda memakan makanan yang tinggi kadar gula, bilas mulut anda untuk menghindari penumpukan gula pada gigi. Hindari makan permen karet karena karet dapat terjebak pada kawat gigi dan sulit untuk dibersihkan. Hal ini juga dapat melonggarkan kawat dan bracket.

Makanan tinggi kadar asam

Makanan yang sangat asam harus dihindari. Makanan ini dapat menyebabkan penipisan enamel dan perubahan warna gigi. Setelah anda melepas kawat gigi, perbedaan warna antara gigi akan terlihat sangat jelas.

  • Buah jeruk seperti lemon dan limau
  • Soda dan minuman berkarbonasi

Selain itu, jangan sekali-kali pernah mengunyah partikel seperti pena, pensil, dan kuku. Selain itu jangan mencoba untuk merobek apa pun dengan gigi anda. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada kawat gigi.

Makanan yang dapat dikonsumsi

  • Sayuran dikukus
  • Buah yang telah dipotong-potong
  • Pasta
  • Roti basah
  • Jus tanpa gula

Buatlah pilihan yang bijaksana berdasarkan daftar makanan di atas. Sekarang anda telah menyadari, makanan apa yang baik dan apa yang tidak boleh dikonsumsi. Anda mungkin juga ingin mencoba resep baru yang tidak akan berbahaya untuk kawat gigi. Bilas mulut anda dengan bersih setelah setiap makan. Rawat kawat gigi anda dan jagalah kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan flossing secara teratur. Pastikan anda makan berbagai makanan sehat saat menjalani perawatan ortodontik. Tidak akan lama lagi anda akan mendapatkan kembali senyum yang menawan.

Related Posts

41 Comments

  1. silviaIDR

    Klo udh pke behel selama 1 bulan, apa boleh makan es?permen?jagung?dll

      • Reynaldo

        apakah boleh makan kentang cabe? bakwan jagung? bihun goreng atau pun bakmi goreng? pemasangan baru 3 minggu kira2?

        • Behel

          Stop maem jagung dulu. Bakwan jagung kadang jagungnya kenyal sekali, kecuali jika jagungnya memang benar-benar lunak.
          Jangan maem gorengan yang keras dan kenyal! Maem kentang boleh-boleh saja asal terasa seperti presto.

    • Gungadi

      Kalo baru masang kawat gigi langsung boleh makan?

  2. liia

    apakah boleh makan donat pas di behel
    dan apakah bisa makan ayam dan apakh itu tidak merusak bracket ?
    mhon info

    • Behel

      boleh makan donat
      kalo makan ayam ya jangan tulangnya yang dimakan
      juga pilih yang lunak

  3. one

    Kalau kita mkn yg manis,setelah itu kita hrus gimna?

    • Behel

      kumur
      sikat gigi

  4. Martha

    Tubuh membutuhkan vitamin C untuk menjaga kesehatan. Namun hampir semua vitamin C itu bersifat asam. Bagaimana solusinya?

    • Behel

      cari yang kadar keasamannya rendah, yang hampir menyamai kadar air

  5. Andi fidya

    Klu pemasangan baru sehari boleh nggak makan nasi?? Atau makan bubur aja??

    • Behel

      boleh makan, asal jangan yang keras

  6. april

    klo baru sehari pemasangan bhel apakah boleh makan roti tawar dikasih mentega meses? dan minum2 yg panas? boleh tidak y? mhoon infonya … thx

    • Behel

      Minum yang panas tergantung juga model kawatnya.
      Kalau model kawat dengan karet, seperti halnya sifat karet mudah melar jika terkena panas.

  7. Elvira

    Apakah kalo baru pasang behel terus langsung makan makanan yg anget itu gaboleh? Kaya nasi, anget gitu

    • Behel

      memahami sifat karet yang mudah melar jika terkena panas, jika model kawat memakai karet

  8. sasa

    Kalau minum susu ultra gimana ?

  9. Ana

    mau tanya dok, apakah boleh melakukan perawatan ketika haid

  10. Anonym

    Apakah boleh memakan permen atau coklat ? Kalau tidak boleh,apa solusinya ?

  11. Vica

    Tq y buat infonya. Berguna bgt..

  12. Nasrudin

    saya baru 3 hari pasang behel udah makan lumpia goreng, burger, nasi goreng, dan makannya kaya orang normal. tapi, ya kadang kadang bracketnya copot

  13. Iklil

    Kalo yg udah setahun make behel sdh gapapakah makan makanan yg agak keras?

    • Behel

      lebih baik menghindari

  14. syakira karmelia

    kalo setelah pasang behel selama 3 bulan apa boleh makan permen karet (misalnya)

    mohon info nya

  15. bobby

    Kalo makan steak kayak gitu boleh gk

  16. mahabatul lena

    baru sehari pake, tapi sudah bisa buat makan daging belum ya?? seperti stik daging sapi atau ayam gitu? trus kalo makan sejenis sushi gtu bisa gak ya

  17. Diana R

    Selamat sore dok..
    Apakah boleh minum air es (Air putih).?ml
    Thanks

  18. puput putri

    jika baru memasang behel 2 hari memakan keripik apakah ituh berbahaya ka
    mohon info y

  19. puput putri

    jika baru memasang behel 2 hari sudah memakan keripik dan buah*an semacem rujak apakah ituh berbahaya mohon info y

  20. Amel

    Aq baru hari ini pasang behel, gigi ny ngilu bngt, solusi ny harus gimna y,? Terus harus mkn apa,?

  21. Satria

    Dok saya suka sekali makan tempe, boleh tidak kalo sedang pake behel makannya tempe goreng ?

  22. indah

    Apa boleh kita mkan yg kenyal

  23. bor

    minum alkohol boleh ?

  24. Fita

    Setelah pemakaian behel di lepas, udah boleh makan yang keras2 ? fungsi gigi udah bisa normal kembali ?

  25. nimas

    kalau pemakaian baru 3hari apa boleh makan yg pedas seperti baso pakai sambel dan mie instan yg pedas boleh kah?

  26. isna

    Baru dua hari pemakaian behel, tapi terlanjur minum soda, dampak nya gimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons