Menu Close

Memakai Retainer Setelah Melepas Kawat Gigi

Apakah anda telah mengetahui untuk menggunakan retainer setelah selesai memakai kawat gigi? Mengenakan retainerretainer menjadi keharusan dan benar-benar diperlukan untuk dipakai setelah anda selesai dengan perawatan ortodontik.

Senyum menjadi salah satu aset terbesar anda. Dengan memilih menggunakan perawatan ortodontik, anda mengharapkan suatu hari dapat memiliki gigi yang rapi. Dan setelah menunggu lama hampir dua tahun, dokter gigi akhirnya memberitahu anda bahwa sekarang sudah waktunya untuk melepas kawat gigi yang anda pakai. Anda juga gembira karena bersiap-siap melepaskan diri dari belenggu kawat gigi.

Meski begitu, anda belum benar-benar melepaskan diri sepenuhnya. Orthodontis akan memberitahu bahwa anda harus memakai retainer untuk sementara waktu. Berapa lama lagi perawatan ortodontik ini akan dilalui? Kebutuhan untuk memakai retainer adalah setelah anda menyelesaikan perawatan ortodontik. Hal ini akan dijelaskan di bawah ini.

Memakai retainer

Banyak pasien kawat gigi dapat bernafas dengan lega setelah melewati perawatan kawat gigi ortodontik dan ingin segera melakukan apa pun termasuk memamerkan senyum mereka yang baru. Tapi tidak secepat itu. Selesainya pemakaian kawat gigi hanyalah setengah jalan dari sebuah pertempuran.

Anda perlu memakai retainer setelah kawat gigi dilepas karena beberapa alasan. Tidak banyak orang yang mengetahui akan hal ini, tetapi gigi cenderung mencoba dan kembali ke posisi semula setelah kawat gigi dilepas. Hal ini terjadi karena beberapa alasan. Gigi ditarik, didorong, dan dibuat untuk tinggal pada posisi tertentu.

Namun, serat periodontal, yang telah mempertahankan gigi dalam posisi tertentu dalam mulut mencoba untuk menariknya kembali ke posisi semula karena ketahanannya. Dengan demikian, untuk mempertahankan gigi di posisi barunya, anda harus menahan gigi di sana untuk beberapa saat, untuk mencegah perawatan ortodontik berulang lagi.

Jenis retainer

Kabar baik tentang retainer setelah perawatan ortodontik adalah terdapat berbagai pilihan yang tersedia dari retainer. Anda dapat saja memakai retainer reguler, yang terdiri dari kawat dan plastik yang melekat pada langit-langit dan melengkung di atas dan permukaan bagian dalam gigi bawah gusi depan untuk lengkung bawah.

Jika anda menginginkan pilihan yang lebih estetis, maka anda juga dapat memilih untuk memakai retainer yang tidak lain adalah kawat gigi invisalign atau dengan plastik bening. Untuk beberapa pasien kawat gigi yang tidak nyaman dengan peralatan lepasan, mereka bahkan bisa menggunakan kawat pada permukaan bagian dalam gigi atas dan bawah. Ini bukan hanya sebuah pilihan estetika tetapi juga bagus untuk pasien yang takut karena tidak akan sangat teratur dalam memakai retainer. Dalam banyak kasus, dokter gigi akan mengenakan biaya tambahan untuk retainer permanen.

Ini adalah semua tentang retainer dan mengapa anda harus memakai retainer setelah melepas kawat gigi anda, dan berbagai jenis mereka yang tersedia. Biaya retainer biasanya tercakup dalam total perkiraan biaya ortodontik, meskipun hal ini dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat yang berbeda.

Ada kasus yang tak terhitung jumlahnya di mana pasien tidak mengindahkan peringatan mengenai pentingnya memakai retainer, dan pada akhirnya pasien bahkan harus mengulang perawatan kawat gigi. Hal ini 2 kali lipat rasa sakitnya ditambah 2 kali lipat uang! Yang terbaik adalah untuk melakukan seperti yang dokter gigi anda katakan dan memakai retainer setelah perawatan ortodontik. Banyak waktu akan dibutuhkan untuk memastikan bahwa gigi baru anda yang rapi tetap selalu bertahan sampai akhir hidup anda!

Related Posts

75 Comments

  1. Fatin nabila

    Boleh atau tidak memakai retainer gigi tanpa memakai braces ? Alasan tidak memakai braces kerana gigi tidak terlalu teruk dan hanya ingin memakai retainer gigi

    • Behel

      Untuk kasus yang ringan bisa saja memakai invisalign

  2. Livia

    dok, apakah retainernya harus selalu dipakai, atau boleh pada malam hari saja?, kira-kira berapa lama pemakaian retainer ya?, soalnya saya memakai breket saja sudah 2 tahun

    • Behel

      minimal 6 bulan, terutama malam hari sebelum tidur

      • fitra

        dok kalau boleh tau kira” total biaya pemasangan kawat gigi sampai dengan pemasangan retainer berapa ya dok

        • Behel

          ya kalo di dokter spesialis bisa habis belasan hingga puluhan juta

  3. Agnes

    Dok.. Saya baru lepas bracket .. Setelah melihat hasil cetakan gigi saya, saya merasa kurang puas dgn hasilnya. Krn gigi geraham belakang saya agak mlintir dan gigi bawah terlalu masuk ke dalam. Skr saya menggunakan retainer. Pertanyaan saya bisakah apabila saya menggunakan retainer spy gigi saya yg mlintir bisa lurus kembli? Sdg kan saat ini retainer yg saya gunakan adalah hasil cetak gigi saya (ada mlintir sedikit)

    • Behel

      karena retainernya adalah cetakan terakhir, tentu saja tidak bisa

  4. Devi widianti

    Saya lepas kawat gigu 2013 da sudah punya reainer,tp dr 2013 sampai saat ini tdk digunakan.terus sekarang posisi gugi saya berubah jd tdk tapi lg.Gugu saya ini masih bisa ditolong dengan retainer g ya?trz msh boleh g pake rrtainer yg 2013 itu?

    • Behel

      Bisa saja akan tetapi jika posisi gesernya terlalu banyak maka akan terasa sangat sakit. Ditambah lagi ini juga telah berselang tahunan, mungkin saja posisi gesernya jauh, sehingga akan sulit jika hanya memakai retainer. Alhasil, tidak bisa menjadi sempurna seperti sebelumnya.

      • Dinda

        Dok, dokter saya menyarankan pemasangan retainer hanya 6 bulan. Sedangkan saya baca di komentar yg sudah2 pemasangan retainer sampai bertahun2. Brp lama waktu pemasangan retainer yg efektif dok? Terimakasih..

        • Behel

          Tergantung kondisi giginya. Retainer biasanya memang paling sedikit 6 bulan.

  5. ani satriana

    Dok mohon saran nya..
    Gimna cara menyimpan retainer yg benar agar tidak banyak kuman dan tidak cepat rusak

  6. Iin fajar cahyani

    Dok, saya khan baru saja lepas kawat gigi tp dokter gigi saya tidak merekomendasikan saya untk memakai retainer alasannya karena gigi depan saya nnti akan dipasang gigi palsu akibat kecelakaan yg saya alami tahun lalu jd tdk perlu memakai retainer katanya, trs gimana ya dok kalau seperti itu? Saya khawatir gigi saya akan bergeser ke tmpt semula lagi, mohon penjelasannya. Terimakasih

    • Behel

      setiap dokter punya kebijakan tersendiri, coba diutarakan dahulu dengan dokter anda mengenai hal ini, jika anda khawatir gigi akan bergeser.

  7. Dita

    Dok saya rencananya mau lepas behel. Kira2 harga retainer itu berapa ya dok?

    • Behel

      Bervariasi, tergantung dari dokternya sendiri. Yang paling murah bisa saja berkisar mulai 400 ribuan

  8. Dewi Lusiani Putri

    Dok saya kurang lebih dua tahun ,lepas gak pake retainer. Malah jadi renggang lagi giginya. Terus mesti gimana lagi yaaa ?

    • Behel

      Harusnya setelah dicopot, retainernya dipasang. Kalau sudah renggang bisa-bisa harus dikawat lagi.

  9. Bulan

    Dok 3 thn yg lalu saya lepas kawat gigi dan saya sudah menggunakan retainer selama 1 tahun kemudian retainer saya hilang dan saya tidak membuat lagi karna tidak sempat sampai skg sdh 2 tahun tanpa retainer apakah tidak papa untuk gigi saya kedepannya atau saya perlu mencetak dan membuat retainer lg? Thx

    • Behel

      Dilihat dulu kondisi giginya, apakah setelah tidak memakai retainer ada perubahan.

  10. Devi widianti

    Bener bgt dok,pas dipake lg retainernya bikin sakit smp sakit kepala mngkin krn udah 2 tahun ga dipake.solusinya gmn ya dok?harus pakai bracket ulang lg kah?atau ganti retainer?

    • Behel

      Silakan untuk berkonsultasi dengan dokter yang merawat anda, karena memang harus mengetahui kondisi gigi anda sekarang. Anda juga bisa membandingkan kondisinya dengan cetakan gigi terakhir.

  11. Rita

    hi,dok.saya mau tanya, sebenarnya jarak gigi saya awalnya ngak terlalu jauh,kyaknya jaraknya 6 gitu.
    dan sampai saat ibi saya sudah memakai behel selama 5 bulan, saya rencana melepasnya.tapi dari okter sini mengatakan paling tdiak hrus 2 tahun.apakah setelah di lepas posisi gigi saya akan balik ke sebelumnya atau lebih parah?

  12. nisadokter

    dokter saya mau tanya
    saya sudah pakai kawat gigi 3 tahun dn sampai sekarang belum juga rapi
    saya ada rencana mau dilepas saja
    apakah bisa dokter?

    • Behel

      bisa saja, tapi apakah selama 3 tahun tidak ada perubahan sama sekali?

  13. Intan

    Dok, pembuatan retainer itu apakah pada saat yang sama waktu pelepasan behel? Berapa lama ya ? Saya khawatir tidak sempat karena dokter saya tinggal di daerah asal saya sedangkan saya tinggal di kota lain

    • Behel

      setelah dilepas, gigi akan dicetak lagi.
      cetakan gigi terakhir ini dipakai untuk membuat retainer.

  14. Wulan

    Dok saya kan hariini lepas kawat gigi ya. Nah saya mulai pakai retainernya kisaran bulan depan gitu dok
    Kira2 apa ada pergeseran gigi gitu dok slama saya blm pakai retainernya dlm sebuln itu …

    Memang gigi bisa bergeser setelah lepas behel jangka waktunya brpa lama dok?

    Thanks.

    • Behel

      lebih cepat memakai retainer akan lebih baik.
      untuk berapa lama bergeser tidak mesti, karena ada faktor-faktor yang mempengaruhi juga seperti pola dan cara makan, memainkan gigi dengan lidah, dsb.
      rentang 1 bulan relatif lama, mungkin saja bisa terjadi pergeseran.

  15. hariani

    dok,kalo braket terbuka baru 4 hari pasang,langsung ke dokter atau bisa beberapa lagi ke dokter?tq

    • Behel

      secepatnya lebih baik

  16. ririn

    dok aku mau lepas breket tapi kata nya nanti kembali berantakan lagi seperti semula tapi gigi aku udah mulai rapih walaupun blom rata sempurna, apa iya dok bener kaya gitu bakalan brantakan seperti semula lagi ?

  17. Riana Zahra

    Dok aku pakai behel udah hampir 4tahun tapi kok ga dilepas2 ya dok?

    • Behel

      Silahkan konsultasi dengan dokter yang menangani, dibicarakan secara baik-baik.

  18. dani

    Dok, saya baru lepas bracket 1 Minggu yg lalu. Dokter saya bilang pakai retainernya 1 bulan ke depan, dilihat dulu giginya. Kira-kira geser tidak ya dok gigi saya? Gigi saya tidak di cabut, melainkan di kikir antar sela2 gigi dok. Terimakasih

    • Behel

      1 bulan sebenarnya terlalu lama

  19. Haris

    Dok, saya mau tanya . nih kan saya masang behel di tmpt dokter di daerah A trus saya mau copot behelnya sekalian lanjutin msang retainer di dokter daerah B . apa gpp misal kita gnti” ke tempat dkter yg berbeda. Soalnya antri lama banget di A itu

    • Behel

      Ada baiknya kalau hanya tinggal memasang retainer tidak perlu pindah.

  20. winda

    dok saya mau tanya, kira2 biaya pasang retainer brp yah ? trims

  21. Fenny

    Dok, setelah penggunaan invisalign, saya berencana mau pasang veneer untuk 4 gigi depan saya. Tapi di dokter lain karena harga jauh lebih terjangkau. Menurut dokter apakah bisa setelah itu saya membuat retainer di klinik yang sama? Atau saya harus kembali ke klinik/dokter dimana saya pasang invisalign?

  22. Ocha2993

    Hello dokter, saya baru 2 hari pasang retainer hanya selang sehari setelah lepas behel.
    untuk gigi bawah sdh OK (nyaman pakainya) ttp untuk gigi bag.atas kaya kurang pas gtu gusi saya jd bengkak, ini saya blm berani copot retainer atas karna saya yakin bakal sakit saat retainer dipasang lg, baiknya bagaimana ya dok, saya lepas sampai gusi saya kempes & psg kembali /ttp saya pakai sampai gusi saya kempes jg?

    • Behel

      sebaiknya konsultasi ke dokter saja masalah bengkak tersebut
      mungkin saja retainernya memang tidak tepat
      karena seharusnya tidak apa-apa atau sampai menimbulkan bengkak
      bisa jadi masalah berawal dari pencetakan dan pembuatan.retainer

      :cool

  23. maryam

    Dok kalau pale retainer dlu tp gk prnh pake kwt gigi sebelumnya gmna ya hsil.a?

  24. erma

    dok bisa tidak behel tidak di copot walaupun gigi sudah baģus. soal ny saya takut kalo di copot gigi berantakan lagi
    pkk rentainer jg takut gg rutin pkai nya
    terima ksh

    • Behel

      kalau memang cocok silakan saja
      :alay

  25. Iin

    Dok.. bisa g klo langsung pake retainer aja tanpa pernah memakai behel sebelumnya?

  26. Lalaala

    Dok saya mau tanya, saya baru lepas behel, tapi masih ada bkas lem lem behelnya, katanya dokternya saya suruh balik lgi kontrol 5 hari lagi untuk mencetk retairner dan membersihkan lem lemnya, dok apakah akan terjadi pergeseran pada gigi dalam rentang waktu segitu, dan apakah lem lem nya bisa hilang sebelum saya kontrol?

    • Behel

      bisa saja terjadi pergeseran
      mengapa bekas lemnya tidak sekalian dibersihkan waktu melepas
      :bingung

  27. Adi

    Dok , saya baru lepas behel , trus ini pake retainer , nah itu dipake min 6 bulan , nah selama 6 bulan itu pas malam hari saja bisa ?

  28. Novie

    Siang doc…saya akan lepas behel stlh sy pakai 5th , lama bgt ya doc, usia sy sdh 40th , stlh ini rencana memakai retainer yg plastik gt. Tp doc sy menyarankan dipakai seharian kec wktu makan dan tidur, krn takut pas tidur malam hari, gigi dimainkan ga sadar akan sobek retainernya. Tapi sy cemas dic bukankah malam hr justru gigi mudah gerak?. Mengingat sy akan pindah kota lain bukan ditempat praktek doc gigi sy saat ini. apakah retainer plastik itu mudah rusak doc,? Gigi sy tergolong sgt sensitif dan mudah bergerak sehingga butuh lama sekali pemasangan behel, dimana mslh utamanya adalah letak garis tgh gigi dpn atas tdk tepat simetris di tgh( tidak sejajar dg hudung). Mohon advice nya doc sebaiknya sy gunakan seharian full termasuk mlm hr kec makan saja, atau sdh benar malam hari saat tidur saya lepas? Lalu berapa lama sebaiknya saya memakai retainer, lalu apakah memakai retainer boleh minum kopi panas,? Rusak ga doc retainernya kena panas hangatnya kopi? .mohon jawabannya ya doc terimakasih sblmnya

    • Behel

      retainer itu sangat kuat
      terkena minuman hangat juga tidak apa-apa
      kalau sedang makan dilepas
      sebaiknya waktu malam dipakai saja

      :thanks2

  29. Gina

    Dok.. bisa g klo langsung pake retainer aja tanpa pernah memakai behel sebelumnya?

  30. Fransisca

    Hai dokter. Saya mau konsul. Sy sudah menggunakan behel sejak nov 2013, rncnya akan dilepas dalam wktu dekat ini sesuai dgn instrukai dokter saya. Menurut beliau tidak perlu menggunakan retainer karena gigi saya sudah diretain dgn behel itu selama 9 bulan sehingga kecil kemungkinan utk bergeser. Menurut dokter apakah sebaiknya saya tetap menggunakan retainer saja? Terima kasih.

    • Behel

      menggunakan lebih baik

  31. Debbi

    Bulan depan saya lepas behel stlh kurang lebih 2 tahun saya memakainya tp dokter saya tdk menyarankan memakai rentainer..apa gigi saya bisa bergeser lagi dok??? Mksh jawabannya..

    • Behel

      memakai retainer harus rajin

    • Behel

      jika tidak rajin memakai setiap hari kemungkinan bisa bergeser

  32. Cintya

    Dok saya udh 5bulnn jarang pakai rentainer ny soalny susah buat makan hrs copot pasang lg dan saya kurang tau perwatan untuk menjaga tentainer ny seperti apa jika lepas pasang stlh makan boleh ksh saran dok?

    • Behel

      tetap dipakai waktu malam hari atau waktu mau tidur

  33. Cintya

    Tolong dijwaba ya dok makasi

  34. fanny

    Hai dok.saya mau tanya.
    Saya pasang behel karna ada gigi samping yg nyelip ke dalam.ukuran nya kecil dok.setengah nya graham.ada space untuk gigi nya jg.nah anehnya dktr saya bilang cabut bagian paling blakang.supaya bs bnr2 dikeluarkan.saya minta di kikir aja.katanya ga bs.trus saya akhirnya cabut gigi paling blakang sebelah kiri apakah perlu cabut gigi paling blakang sebelah kanan jg dok supaya simetris? Karna saya kuatir dktr gigi saya mata duitan.saya berharap ga cabut sih.karna sayang bgt buang gigi sehat dan sakit dan mahal jg bayar nya 500rb.haduhh…
    Tolong replay ya dok.tq

    • Behel

      seharusnya dibuat simetris
      itu benar doketer spesialis atau bukan?

  35. Viana

    Dok , saya dulu pakai behel cuma 6 bulan trus disarankan memakai retainer setiap malam dan sudah 4 tahun saya memakai retainer. Kalo saya tidak gunakan retainernya lagi boleh tidak ?

    • Behel

      4 tahun waktu yang sangat lama
      dicoba saja seminggu tanpa retainer

  36. fanny

    Hai dok.saya mau tanya.
    Saya pasang behel karna ada gigi samping yg nyelip ke dalam.ukuran nya kecil dok.setengah nya graham.ada space untuk gigi nya jg.nah anehnya dktr saya bilang cabut bagian paling blakang.supaya bs bnr2 dikeluarkan.saya minta di kikir aja.katanya ga bs.trus saya akhirnya cabut gigi paling blakang sebelah kiri apakah perlu cabut gigi paling blakang sebelah kanan jg dok supaya simetris? Karna saya kuatir dktr gigi saya mata duitan.saya berharap ga cabut sih.karna sayang bgt buang gigi sehat dan sakit dan mahal jg bayar nya 500rb.haduhh…
    Tolong replay ya dok.thank you

  37. Artic

    Dok,,sya sdah lepas behel tpi gigi sya yg bawah masih agak melintir serong gtu…sma gigi kelinci yg 1nya kurang sejajar dkit,bisa gak dok klo cuma pke retainer yg kawat

  38. Shafa

    Permisi dokter
    Saya shafa umur 15, sdh pakai kawat gigi dr umur 12. Sekarang sdh genap 4 tahun, tapi perubahan yang terjadi pada gigi saya hanya terlihat sedikit, yaitu gingsul menjadi rata dan gigi atas sesikit maju yang mana sebelumnya gigi tsb sejajar dgn gigi bawah, mohon saran dok, sy harus memakai retainer hingga 1 tahun atau 6 bulan saja dokter? Terimakasih

    • Behel

      biasanya minimal 6 bulan

  39. Ika

    Halo dok, saya mau tanya. Saya make behel udah 5thn. Nah hari ini saya baru jadi retainernya. Tapi gigi yg tengah saya itu msh renggang sedikit. Dan dokter saya bilang, retainer nya bagian atas itu lebih dikencengin fungsinya untuk merapatkan yg agak renggang. Apa benar bisa ya dok? Terima kasih

    • Behel

      seharusnya gigi rapat karena kawat gigi
      fungsi retainer setelah lepas kawat gigi sebenarnya untuk membuat kokoh bentuk gigi terakhir agar tidak kembali ke semula

  40. Fitri

    Hallo dok, saya pake behel sdh 5 tahun lbh. Dokter sy blg bracketnya sdh bs dilepas tp sy minta dilepas gigi bwah dlu. Sdh 2 mnggu sy lepas bracket yg bawah. Gmana dok apa hrus pke retainer ? Mnta sarannya dok . Makasih

    • Behel

      akan lebih baik jika memakai

  41. indah

    dok saya sudah lepas behel dr thn 2012 setelah itu saya pakai retainer tapi sangat sebentar setelah itu saya tdk lernah memakainya lagi dan sekarang saya merasa gigi saya mulai berantakan lagi. apakah jg saya menggunakan retainer lg gigi saya akan kembali bagus atau tidak?

  42. Fatah

    Dok,Saya pasang behel 7Feb 15′ smpe skrang. Dan bulan dpan rencana mau dilepas (kta dokterku) tp saya pngin mempertahankan behel ini dulu tanpa kontrol boleh ngga y? dan misal di lepas ktanya klo pke retainer hrgnya mhal 900k kira2… sbaiknya gmn dok?
    #responePlease

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons