Menu Close

Perlukah Anak Memakai Kawat Gigi?

perlukah anak pakai kawat gigi

Kawat gigi adalah perawatan ortodontik yang membantu untuk menyelaraskan gigi yang tidak sejajar. Namun, anak-anak yang menjalani pengobatan ini merasa tidak nyaman dan kehilangan kepercayaan diri karena penampilannya. Oleh karena itu, banyak orangtua yang bingung, apakah anaknya perlu memakai kawat gigi. Artikel behelista ini membantu anda mengetahui apakah anak anda membutuhkan kawat gigi ataukah tidak.

Kawat gigi atau banyak anak muda sekarang menyebutnya behel (beugel) dalam bahasa Belanda, digunakan untuk memperbaiki gigi yang tidak sejajar dan bengkok dengan menerapkan tekanan yang terus-menerus. Seiring dengan waktu, dengan tekanan dari kawat gigi, gigi akan dapat diluruskan dan menjadi sejajar. Logam atau kawat kawat gigi menggunakan bracket logam, bahan pengikat, kawat lengkung, dan ring untuk membantu menyelaraskan gigi. Selain kawat gigi logam, kawat gigi keramik atau plastik juga dapat dipakai untuk gigi dan terhubung dengan kawat.

Pelurusan gigi menggunakan kawat gigi adalah proses yang tidak singkat dan juga mahal. Kebanyakan orangtua membayar hingga jutaan untuk satu set kawat gigi. Mengingat tingginya biaya yang terlibat, ada banyak orang tua yang tidak yakin tentang perlunya kawat gigi untuk anak mereka. Mungkin anda berpikir, hanya karena setiap anak lainnya memakai kawat gigi tidak berarti anda juga harus melakukannya untuk anak anda. Sebelum menyadari semuanya, pahamilah alasan untuk itu dan kemudian buatlah keputusan yang tepat.

Apakah anak anda memerlukan kawat gigi?

Tidak ada kapan pastinya ketika anak anda mulai memerlukan kawat gigi. Pada umumnya, dokter gigi merekomendasikan pemeriksaan pada usia 7. Sejak gigi permanen mulai bermunculan pada usia 6, dokter gigi dapat mendeteksi masalah dengan pertumbuhan rahang dan gigi. Hal ini akan membantu dokter gigi untuk memulai pengobatan aktif pada saat anak berusia 9 sampai 14 tahun. Deteksi dan pengobatan dini mencegah masalah lebih lanjut, serta menyediakan lingkungan yang lebih baik untuk gigi permanen untuk tumbuh.

Mengapa anak memerlukan kawat gigi?

Ada tanda-tanda tertentu yang akan membantu dokter gigi orthodonti dalam memutuskan apakah seorang anak memerlukan kawat gigi ataukah tidak perlu.

➡ Gigi yang berkerumun dengan parah di mana gigi berkumpul bersama-sama tanpa ruang yang memadai bagi gigi dewasa untuk tumbuh.
➡ Rahang yang tidak sejajar atau underbite mana rahang atas dan bawah nampak lebih sempit, kecil, atau mundur. Ataupun terdapat suara saat rahang bergerak.
➡ Gigi yang tidak sejajar di mana gigi tumbuh atau muncul di sudut yang tidak selayaknya dan menggantikan gigi lainnya.
➡ Overbite mana gigi atas menutupi gigi bawah.
➡ Crossbite mana gigi bawah menutupi gigi atas.
➡ Masalah pada saat mengunyah atau menggigit.
➡ Bernafas lewat mulut.

Meskipun hal ini adalah kenyataan hidup bagi banyak anak, alasan utama bagi sebagian besar anak-anak untuk memasang kawat gigi adalah kosmetik. Hal ini akan meningkatkan senyum anak, dan memberinya gigi yang indah. Namun, ada kasus di mana anak-anak memiliki gigi sangat bengkok yang dapat menyebabkan gangguan pada saat makan. Kondisi ini perlu diperbaiki dengan kawat gigi.

Lama perawatan kawat gigi

Kebanyakan anak memakai kawat gigi rata-rata dua tahun, setelah itu diperlukan memakai retainer khusus. Ini berfungsi mencegah gigi keluar lagi dari jalurnya.

Merawat kawat gigi dapat menjadi tugas yang sulit. Ini adalah alasan mengapa kawat gigi tidak dianjurkan untuk anak-anak dengan usia sangat muda. Makanan dapat terjebak dalam kawat gigi, dan anak-anak harus bekerja keras untuk membersihkan gigi mereka. Selain itu, anak-anak dengan kawat gigi perlu untuk menghindari makanan tertentu, seperti permen, jagung. Makanan ini dapat masuk dan terjebak ke dalam kawat gigi dan merusaknya.

Jika anda bingung apakah anak anda memerlukan kawat gigi atau tidak, maka berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis orthodonti dan menyaring pendapatnya. Jangan pergi ke dokter gigi umum untuk berkonsultasi. Pertimbangkan manfaat dan biayanya sebelum anda membuat keputusan. Pahami bagaimana perawatan kawat gigi akan mempengaruhi wajah dan senyum anak anda. Segera tanyakan pada dokter apakah anak anda memerlukan memakai kawat gigi atau tidak.

Related Posts

3 Comments

  1. ranaya talitha l.r

    Apakah saya perlu menggunakan behel? Karna gigi saya gingsul

    • Behel

      gingsul biasanya tampil seksi, tapi jika dirasa kurang nyaman bisa saja.

  2. Anonymous

    kalo gigi miring kedepan bisa paki behel gk dan ada gingsulnya masih bisa pake behel gk gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons